Langsung ke konten utama

Book Review: Surjono, H.D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press

Identitas Buku

Judul               Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan

Penulis            : Herman Dwi Surjono

Tahun              : 2017

Penerbit          : UNY Press

ISBN              : 978-602-5566-11-0


Sinopsis Umum

Buku ini berisi 5 bab yang membahas konsep-konsep dasar dalam multimedia pembelajaran interaktif (MPI) dan peranannya. Dalam bab 1, penulis membahas tentang pengertian multimedia, elemen multimedia, penyajian multimedia, dan alat untuk membuat media. Dalam bab 2, penulis membahas mengenai prinsip dan aspek multimedia. Bab 3 membahas mengenai konsep dasar MPI. Bab 4 membahas model pengembangan MPI, dan bab 5 membahas mengenai evaluasi MPI.

Kelebihan Buku

Penulis menyajikan bahan yang sangat lengkap dalam buku ini mulai dari konsep dasar hingga penerapannya. Dari kepadatan isi tersebut, maka buku ini sangat berguna baik untuk mahasiswa atau pendidik yang masih pemula dalam membuat media pembelajaran maupun untuk produsen media pembelajaran serta peneliti media pembelajaran.

Kekurangan Buku

Buku ini memang cukup lengkap, hanya saja karena materi yang disajikan memang lebih ke sisi praktis, maka konsep-konsep teoritis dalam buku ini belum terlalu detil. Karena itu, konsep teoritis yang cukup lebih dalam perlu ditambahkan. Selain itu, bisa juga ditambahkan materi mengenai contoh dan perbandingan beberapa aplikasi pembuat multimedia supaya pembaca dapat menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan pembelajaran.

Komentar